Disdukcapil Kota Sukabumi Gelar Konsultasi Publik, Serap Aspirasi Tingkatkan Pelayanan

SUKABUMI – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Salah satu langkah yang ditempuh yakni dengan menggelar forum konsultasi publik bersama berbagai unsur masyarakat di ruang pertemuan Disdukcapil, Rabu (24/9/2025).

Kegiatan tersebut menghadirkan perwakilan dari sejumlah elemen, mulai dari akademisi Universitas Linggarbuana, Ketua RW 07 Kelurahan Karamat, Rumah Sakit Kartika Kasih, Forum Lansia Sukabumi, Dinas Sosial hingga insan pers yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Sukabumi.

Bacaan Lainnya

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Tejo Condro Nugroho, mengatakan forum ini menjadi sarana untuk menyerap aspirasi, kritik, maupun masukan dari masyarakat guna perbaikan layanan ke depan.

“Semua saran dan masukan ini akan kami jadikan bahan evaluasi, strategi kebijakan, serta program kerja agar pelayanan prima di Disdukcapil benar-benar bisa terealisasi,” ungkap Tejo, didampingi Sekretaris Disdukcapil, Tantan Hadiansyah.

Menurutnya, jajaran Disdukcapil senantiasa berkomitmen menjadi pelayan publik yang baik dengan menghadirkan berbagai inovasi. Salah satunya melalui program Tri-G (Gercep, Geber, Gaspol) serta strategi pelayanan Tri-C (Cakap, Cermat, Cepat).

“Cakap dan cermat dalam melayani, serta cepat menyelesaikan kebutuhan masyarakat. Insya Allah, semua ini untuk menuju predikat WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani),” tegasnya.

Lebih jauh, Tejo menargetkan pelayanan kependudukan di Kota Sukabumi ke depan dapat diakses masyarakat dari rumah, tanpa harus datang langsung ke kantor Disdukcapil. Bahkan, ia mendorong pelayanan jemput bola hingga pengantaran dokumen ke rumah warga.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk segera mengakses Identitas Kependudukan Digital (IKD), program pemerintah pusat yang bisa difasilitasi melalui ponsel android.

“Masyarakat bisa membuat IKD di kantor Disdukcapil, atau kami juga siap datang ke pemukiman warga jika diundang. Kebahagiaan masyarakat ketika puas terlayani adalah kebahagiaan kami juga,” pungkas Tejo. (Ky)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *